Senin, Juni 29, 2015

Mengejar Sunset di Candi Ratu Boko



Sore itu, pada saat jam menunjukkan pukul 16.00 kami segera mengarahkan kendaraan menuju Candi Ratu Boko, yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. 

Diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-8 pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Sedangkan fungsinya diduga sebagai tempat menyepi dan peristirahatan. Dengan tiket seharga Rp. 30.000, pengunjung mendapatkan transportasi gratis dari Candi Prambanan menuju Candi Ratu Boko. 

Sang mentari telah hampir terbenam
Tujuan kami ke candi ini pada sore hari yakni untuk melihat terbenamnya matahari atau sunset dalam bahasa inggris, yang konon kabarnya pemandangan sunset dari situs Candi Ratu Boko merupakan yang terindah se-Asia Tenggara. Tak ingin terlambat, begitu sampai di parkiran kami setengah berlari menaiki anak-anak tangga menuju candi yang posisinya berada di atas bukit. Untungnya matahari masih menggantung di langit, belum terbenam. Segeralah kami menuju spot terbaik yang berada di Candi Pembakaran yang posisinya agak tinggi. Dan benar saja, pemandangan sunset dari Candi Boko benar-benar indah! Dengan cuaca yang cerah, matahari terlihat bulat di langit yang berwarna lembayung. Tentu saja momen ini tak akan dilewatkan tanpa foto-foto. Secara perlahan-lahan sang surya kembali ke peraduan, penanda sudah saatnya kami pulang. Sungguh indahnya alam Indonesiaku. Semoga di lain waktu saya berkesempatan mengunjunginya lagi.



(Tulisan dibuat berdasarkan pengalaman penulis mengikuti program AKU CINTA INDONESIA 2010 oleh Detik.com, beberapa informasi mungkin mengalami perubahan pada saat di re-publish di blog ini)
Link Asli

0 comments:

Copyright © 2014 My Dream, My Life, My Journey